Wednesday 17 February 2016

Akibat dari Kurang Tidur

Terdapat banyak resiko untuk kesehatan tubuh ketika seseorang kurang beristirahat seperti kurang tidur. Tidur di malam hari memanglah sangat penting untuk tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat setelah aktivitas seharian. Bagi seseorang paling tidak harus tidur selama 8 jam setiap harinya yang bertujuan untuk mendapatkan tubuh segar kembali di keesokan harinya.
Dengan begitu membuat kita lebih siap dalam menghadapi tantangan setiap harinya. Namun kebalikannya ketika seseorang kurang tidur justru akan mendapatkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh yang membuat tubuh akanmengalami lemas dan susah untuk berkonsentrasi. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan kita sering mengabaikan tidur di malam hari diantaranya seperti menonton televisi terlalu malam, bermain gadget terlalu lama, curhat dengan teman, mengerjakan tugas, dan kegiatan lainnya.
Hal-hal tersebut ada baiknya jika dikurangi untuk menghindari dampak negatif bagi tubuh. Nah untuk memberikan informasi kepada Anda, di bawah ini terdapat beberapa akibat dari kurang tidur yang dapat Anda ketahui. Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Akibat Kurang Tidur
Bagi Anda yang setiap harinya beraktivitas dengan mengendarai sepeda motor ataupun mobil, maka sangat diwajibkan untuk istirahat di malam hari. Hal ini sangat berguna untuk menjaga agar tetap bugar di pagi hari serta untuk menghindari rasa kantuk saat mengendarai kendaraan. Ketika seseorang kurang tidur maka dapat menyebabkan hal-hal berbahaya seperti dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Berdasarkan penelitian di Amerika menyatakan bahwa kualitas tidur yang sangat buruk dapat menyebabkan cedera ketika bekerja atau juga terjadinya kecelakaan di jalan.
Dapat Membuat Turunnya Konsentrasi
Akibat dari kurang tidur berikutnya adalah dapat membuat konsentrasi menjadi menurun. Konsentrasi yang buruk pada seseorang bisa menimbulkan dampak buruk pula. Pasalnya ketika seseorang kurang untuk berkonsentrasi mereka akan sering merasa stress. Nah untuk mendapat tingkat konsentrasi yang baik sebaiknya perlu meng-istirahatkan tubuh di malam hari paling tidak tidur selama 8 jam sehari.
Dapat Berakibat Buruk untuk Kesehatan Tubuh
Untuk akibat buruk lainnya bagi kesehatan tubuh seperti dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti stroke dan juga penyakit jantung. Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit berbahaya yang sebaiknya dicegah daripada diobati. Selain itu ketika seseorang sering begadang di malam hari juga bisa menyebabkan penyakit diabetes.
Mempengaruhi Emosional pada Seseorang
Akibat kurang tidur berikutnya adalah dapat mempengaruhi tingkat emosional yang kurang stabil. Seseorang yang kurang tidur di hidupnya justru sering marah-marah dan juga sering mengalami stress di sela-sela aktivitas seharian. Selain itu juga menyebabkan seseorang menjadi cepat murung akibat dari dirinya kurang beristirahat. Nah oleh sebab itu usahakan untuk tidur paling tidak 8 jam sehari.
Berdampak bagi Kulit dan Mata
Waktu tidur yang kurang ternyata juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kusam dan juga keripun. Selain itu juga membuat kantung mata pada seseorang juga bisa membengkak dan muncul fleg hitam pada area mata karena seseorang kurang tidur.
Dapat Menyebabkan Obesitas
Yang terakhir dalam pembahasan ini adalah dapat menyebabkan obesitas pada seseorang. Ketika seseorang mengalami susah tidur pada dirinya justru dapat menyebabkan dirinya mengalami obesitas atau kegemukan pada tubuh seseorang. Ini dikarenakan ketika sering begadang maka timbul rasa lapar di malam hari yang membuat kita ingin makan.
Nah itulah tadi beberapa akibat kurang tidur yang dapat Anda ketahui dengan mengetahui dampak buruknya, alangkah baiknya untuk mengurangi kebiasaan buruk seperti sering begadang di malam hari. 
Baca  

No comments:

Post a Comment